UMKM Berkontribusi Besar Saat Pandemi, Sandiaga: Hampir 9.000 Triliun

oleh -2 views

Liputansatu.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membeberkan, UMKM memiliki peran penting dalam menopang ekonomi Indonesia meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19.

Buktinya, di masa pandemi saja, UMKM tercatat mampu berkontribusi hingga hampir Rp 9.000 triliun.

“UMKM jadi semangat kita karena di tengah pandemi kontribusinya justru semakin meningkat, mencapai hampir Rp9.000 triliun. Jadi kita lakukan berbagai langkah untuk membangkitkan UMKM ini,” jelas Sandiaga dalam webinar Trijaya bertajuk UKM Indonesia Goes To Bandung, Sabtu (20/11/2021).

Menurut Sandiaga, UMKM juga berkontribusi menciptakan lapangan kerja dengan persentasi 97 persen dari keseluruhan lapangan kerja di Indonesia. Pelaku UMKM juga merupakan penggerak 62 persen ekonomi negara. Pelaku ekonomi di Indonesia juga didominasi oleh pekerja kreatif dengan persentasi 70 persen.

Karena berperan besar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencanangkan berbagai program untuk membangkitkan kembali UMKM.

“Kami melaksanakan program strategis, salah satunya pengembangan human capital (SDM) melalui upskilling dan reskilling, peningkatan kualitas produk barang dan jasa, promosi dengan Gernas BBI hingga meningkatkan akses sumber pembiayaan,” jelas Sandiaga.

Dirinya juga meminta agar pelaku UMKM memanfaatkan akses digital yang semakin mudah didapat untuk mengembangkan bisnis mereka. Digitalisasi dinilai membantu meningkatkan skala bisnis UMKM.

“Dan yang paling penting, saya ingin menitipkan etos kerja yang selalu kami pegang; kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas, itulah kunci UMKM agar sukses. Pandemi juga belum selesai, jadi mari kita ketatkan protokol kesehatan,” tandas Sandiaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *