Seragam Baru Satpam Diresmikan, Warganet Bandingkan Dengan Polisi India

oleh -3 views

Liputansatu.comPolri secara resmi memperkenalkan seragam baru Satuan Pengamanan atau Satpam pada hari ini, Rabu (2/2/2022), bertepatan dengan HUT ke-41 personil keamanan itu di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

HUT satpam ke-41 kali ini mengangkat tema ‘Bersama Polri, Satpam Siap Menjaga Kamtibmas dan Penanggulangan COVID-19’. Saat ini upacara sedang berlangsung, dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam acara tersebut, ratusan satpam yang hadir telah mengenakan seragam baru.

Seragam satpam yang baru akan berwarna krem, berbeda dari sebelumnya yang berwarna cokelat muda.

Warna baru seragam sekuriti pun menarik perhatian sejumlah netizen untuk mengomentarinya yang akhirnya ramai menjadi perbincangan di media sosial Twitter.

Warganet menyinggung soal warna seragam satpam baru ini dan dikatakan mirip seperti baju dari kepolisian India. Pada komentarnya, netizen juga turut menyertakan foto Inspektur Vijay yang diketahui sebagai sosok aparat dalam perfilman India.

Lalu apakah benar warna seragam satpam di Indonesia sama dengan warna seragam polisi India?

Dikutip dari situs DNA India, warna seragam polisi di negara itu adalah warna Khaki. Menurut sejumlah situs, warna ini berbeda dengan warna krem yang menjadi warna bagi seragam satpam di Indonesia. Warna yang mempunyai arti tanah ini adalah warna kuning kecoklat-coklatan hingga nuasanya lebih ke arah warna yang lebih muda.

Sedangkan krem adalah warna pastel kuning yang termasuk dalam tipe atau turunan dari warna kuning tersebut.

Ternyata ada cerita tersendiri kenapa seragam polisi India berwarna khaki karena pada awalnya seragam polisi negara itu adalah berwarna putih. Itu pada saat Inggris menjajah negara tersebut.

Warna putih dipilih karena warna bangsawan, image yang lekat dengan orang Inggris. Namun itu adalah sebuah kesalahan karena warna putih gampang sekali kotor saat menjalankan tugas untuk jangka waktu yang lama.

100 tahun sebelum kemerdekaan negara itu, Sir Henry Lawrence, agen Gubernur Northwest Frontier, membentuk ‘Corps of Guide Force’ atau Korps Pasukan Pemandu di Lahore pada bulan Desember 1846. Pasukan ini adalah resimen Angkatan Darat India Britania yang dibentuk untuk bertugas di perbatasan barat laut. Warna seragam pasukan adalah warna putih.

Masalah pun muncul. Para perwiranya menghadapi masalah yang sama yaitu mudah kotor. Henry kemudian melihat seorang perwira dengan seragam yang diwarnai dengan warna Khaki. Warna khaki gelap tapi tidak terlalu gelap & mudah menutupi kotoran pada seragam.

Setelah memperhatikan kualitas warna Khaki, Pada tahun 1847, Sir Henry Lawrence menyatakan Khaki digunakan sebagai warna resmi untuk Seragam Polisi. Pewarna warna khaki dibuat dengan daun teh tetapi sekarang dibuat menggunakan warna sintetis. Ini adalah campuran warna coklat muda dan kuning.

Di India semua petugas Polisi serta petugas Central Reserve Police Force (CRPF) mengenakan seragam warna Khaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *