Presiden Joko Widodo Tengah Menghadiri Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Di Italia

oleh -2 views

Liputansatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diketahui tengah menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang digelar di Roma, Italia sejak Sabtu (30/10) hingga Minggu (31/10) ini. Dari serangkaian agenda kemarin, ada beberapa hasil pertemuan Jokowi dengan sejumlah kepala negara, mulai dari Australia, Prancis, hingga Turki.

Pertama, Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison. Dalam pertemuannya, ia membahas soal kebijakan pemulihan ekonomi bagi kedua negara.

Kedua, kepala negara bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Keduanya membahas soal pemulihan dan transformasi ekonomi melalui energi hijau atau energi baru terbarukan (EBT).

Ketiga, Jokowi bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pada pertemuan ini, kedua pemimpin negara membahas soal rencana Erdogan mengunjungi Indonesia pada Januari atau Februari 2022.

Kunjungan dalam rangka memperkuat kerja sama kedua negara, termasuk membahas soal Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Turki (Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement/IT-CEPA).

Selain itu, presiden Joko Widodo ingin supaya negara-negara G20 mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui berbagai aksi nyata. Salah satunya, meningkatkan inklusi keuangan UMKM dan perempuan.

Hal itu Jokowi sampaikan saat berpidato pada side event KTT G20 yang membahas UMKM dan bisnis milik perempuan yang digelar di La Nuvola, Roma, Italia, Sabtu (30/10/2021).

Jokowi menjadi satu dari empat pembicara yang diundang selain Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Ratu Maxima dari Belanda, dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Khusus untuk pengusaha perempuan mikro dan ultra-mikro, Indonesia mengembangkan skema pemodalan khusus yang disebut program Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *