Presiden Joko Widodo Telah Menyetujui Desain Final Istana Negara Di Ibukota Negara Baru

<span;>Liputansatu.com – Presiden Joko Widodo diketahui telah menyetujui desain final bangunan Istana Negara di Ibukota Negara Baru, di Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkan langsung oleh desainer Istana Negara IKN Baru I Nyoman Nuarta melalui laman media sosial Instagram-nya @nyoman-nuarta, Selasa (4/1/2022).

“Desain Istana IKN, yang telah final disambut dengan sukacita dan telah disetujui presiden,” ucap nyoman dalam statusnya tersebut.

Nyoman menjelaskan, pada 3 Januari 2022, dirinya diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempersentasikan desain Istana Negara IKN Baru tersebut kepada Presiden Jokowi.

Gambar yang dimuatnya pertama kali, memperlihatkan Istana Presiden dari sudut pandang keseluruhan. Nampak sayap garuda seperti benteng tinggi yang menjaga gedung-gedung di depannya.

Terlihat juga pepohonan rimbun di sekitar gedung yang digambarnya itu. Serta ditengah-tengah, terlihat gedung dengan lebih dari 20 tiang. Di paling depan, terlihat bendera merah putih berkibar di tiang yang kokoh.

Gambar kedua yang diunggah Nyoman, memperlihatkan sudut pandang burung atau bird eye. Terlihat gedung di tengah-tengah tadi memiliki dua kolam di dua sisi, di depan tiang-tiang yang berjejer.

Sementara, di sisi atas gedung yang sama ada sebuah ruang lapang dengan hiasan rumput hijau.

Mundur kebelakang, ada satu gedung yang terlihat nampak lebih tinggi dari gedung sebelumnya yang dibalut warna hijau rerumputan. Di belakangnya, terlihat megah ornamen layaknya buruh Garuda yang mengembangkan sayapnya.

Informasi, Nyoman Nuarta juga adalah seorang pematung asal Indonesia. Selain desain IKN baru ini, Nyoman terlibat dalam pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana yang telah dibangun sejak 1990.

Desain tersebut lantas menuai banyak pujian dari berbagai pihak. Politikus Tantowi Yahya misalnya. Dia menyebut desain itu sangat megah. Tak lupa, dia pun menyatakan rasa bangganya kepada Nyoman.

“Sangat megah. Desain yang modern dan fungsional yang berangkat dari nilai2 lokal. Kita, rakyat Indonesia pasti akan bangga ketika IKN ini terwujud nantinya. Bangga punya seniman spt Pak Nyoman Nuarta,” tulis @tantowiyahyaofficial di komentar.

Melihat dukungan-dukungan ini, Nyoman merasa sangat berterima kasih. Ke depannya dia berjanji untuk melakukan yang terbaik agar mimpi Indonesia untuk memiliki istana kepresidenan yang ikonik dapat terwujud.

“Waduh saya harus bilang apa ya dengan dukungan anda2 yg luar biasa kecuali saya berjanji akan melimpahkan seluruh kemampuan saya untuk bisa sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Indonesia memiliki Istana NEGARA yg unik indah nyaman beda dgn istana2 yg ada didunia ,dan bisa menjadii ikon.dgn demikian pariwisata akan berkembang pesat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan