Meski Finish Di Posisi Kedua, Toprak Razgatlioglu Menjadi Juara Dunia WSBK Di Sirkuit Mandalika

oleh -1 views

Liputansatu.com – Meski sempat tertunda akibat hujan deras yang mengguyur lintasan balap Mandalika Sabtu kemarin, hari ini Race 1 WSBK digelar dan memastikan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha) pemimpin klasemen menjadi juara dunia.

Toprak Razgatlioglu dipastikan menjadi juara dunia setelah finis kedua pada balapan pertama (Race 1) WSBK di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (21/11/2021) siang WIB.

Pebalap asal Turki itu finis di belakang pesaing terdekatnya, Jonathan Rea (Kawasaki), yang berhasil memenangi balapan pertama WSBK Mandalika 2021.

Hasil ini membuat Toprak Razgatlioglu memimpin klasemen dengan koleksi 551 poin, unggul 25 angka atas Jonathan Rea yang berada di peringkat kedua.

Keunggulan 25 poin yang dimiliki Toprak Razgatlioglu sejatinya masih bisa terkejar oleh Jonathan Rea pada balapan kedua WSBK Mandalika sore nanti.

Meski hal itu terjadi, Toprak Razgatlioglu tetap menjadi juara dunia karena dirinya telah memenangi lebih banyak balapan penuh pada WSBK musim 2021.

Berdasarkan penjelasan di laman resmi WSBK, kemenangan pada Superpole Race tidak menjadi pertimbangan jika ada poin seri dalam persaingan di papan klasemen.

Keberhasilan Toprak Razgatlioglu dalam merengkuh gelar juara dunia WSBK musim 2021 sekaligus menandai akhir dominasi Jonathan Rea.

Pertarungan sengit dengan Rea tersaji oleh Toprak selama 21 putaran. Toprak yang memulai start paling depan harus rela posisinya diambil oleh Jonathan Rea.

Rider Kawasaki itu memulai balapan dengan start bagus. Persaingan antara Rea dan Toprak sengit.

Keduanya saling salip. Ketika memasuki lima lap tersisa, Jonathan Rea masih memimpin balapan, pertarungan sengit justru terjadi pada perebutan juara kedua dan tiga, antara Scott Redding dan Toprak.

Tapi Toprak bisa mempertahankan posisinya di tempat kedua. Ini sudah cukup membuatnya jadi juara WSBK 2021.

Sebelumnya, Jonathan Rea mampu meraih juara dunia WSBK dalam enam musim beruntun sejak 2015.

Setelah enam tahun berada di pangkuan Jonathan Rea, trofi juara dunia WSBK kini resmi menjadi miliki Toprak Razgatlioglu.

Usai finis, Toprak merayakan pesta kecil kemenangannya. Rider 25 tahun asal Turki ini mengganti wearpack hingga helmnya menjadi warna lebih mentereng.

Berbeda dengan wearpack yang digunakan sebelumnya, Toprak tampil dengan seragam warna biru. Kelir itu merupakan warna kebanggaan Yamaha.

Pada saat di podium, Toprak juga tidak mengikuti pesta champagne. Ia memilih turun dari podium.

Toprak memang dikenal sebagai Muslim yang cukup taat. Pada bulan Ramadan lalu, misalnya, ia tetap menjalani ibadah puasa di tengah-tengah aktivitas menjalani tes di Aragon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *