Ketik “Otak Udang Naik Motor” di Google, Munculkan Gambar Jokowi, Begini Penjelasan Pakar Telematika.

oleh -2 views
otak udang naik motor
Hasil Tangkapan Layar Google saat ketik " otak udang naik motor "

Liputansatu – Publik sedang dihebohkan dengan mesin pencari Google. Pasalnya, saat diketik kalimat “otak udang naik motor” dalam tabel pencarian, maka yang muncul adalah gambar Presiden Joko Widodo sedang naik motor.

Ada yang menyebut fenomena itu terjadi sejak Februari 2019 lalu, hingga kini (saat berita ini dibuat) tim Liputan satu mencoba menulis “Otak Udang Naik Motor” lalu tekan enter, masih terlihat foto Jokowi naik motor.

Pakar telematika Roy Suryo mengurai bahwa pencarian ini otomatis muncul lantaran banyaknya orang yang mengetikkan keyword tersebut sebagai masukan untuk mencari sebuah gambar.

“Memang itulah kelebihan sekaligus kelemahan algoritma search engine. Dia akan mencari dan menemukan kalimat atau kata apa berdasarkan keyword yang paling banyak diketikkan,” ujar Roy, Minggu (7/11).

Di satu sisi, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu memastikan bahwa Istana sudah bertindak untuk menghilangkan hasil pencarian keyword “Otak Udang Naik Motor” tersebut.

Keyakinan itu didasarkan pada pengalaman bahwa tim pemerintah sering membuat trending-trending topic tandingan yang biasanya muncul ketika ada trending topic asli tentang kondisi sebenarnya yang terjadi.

“Saya yakin istana pasti sudah memerintahkan “tindakan apapun” untuk menghilangkan itu,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *