Kapolri Resmi Lantik 6 Kapolda, Kabaintelkam dan Kakorlantas

Liputansatu.com – Kapolri Irjen Listyo Sigit Prabowo memimpin acara pelantikan terhadap sejumlah perwira tinggi (pati) di lingkungan Polri. Acara pelantikan digelar tertutup di Gedung Rupatama Mabes Polri, Rabu (10/11/21).

Pelantikan para perwira tinggi ini berdasarkan pada surat telegram yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri pada 31 Oktober.

“Bapak Kapolri memimpin serah terima jabatan pejabat-pejabat di lingkungan Mabes Polri dan beberapa Kapolda,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Rabu (10/11).

Dalam upacara korps raport, setidaknya ada 11 perwira tinggi yang dilantik setingkat lebih tinggi. Dua orang menjadi Komjen, tiga menjadi Irjen dan enam menjadi Brigjen.

Sementara untuk serah terima jabatan antara lain, Komjen Ahmad Dofiri dipromosikan menjadi Kabaintelkam Polri. Kapolda Jabar nantinya bakal diisi oleh Wakabaintelkam Irjen Suntana. Sementara itu, Wakabaintelkam akan diisi oleh Irjen Merdisyam yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Sulsel.

Sedangkan, Kapolda Sulsel nantinya bakal di isi oleh Irjen Nana Sudjana. Selain itu, Irjen Argo Yuwono diangkat menjadi Aslog Kapolri. Sementara itu, posisi Kadiv Humas kedepannya bakal diisi oleh Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Irjen Dedi Prasetyo.

Aslog Kapolri saat ini Irjen Firman Shantyabudi bakal menduduki posisi Kakorlantas Polri. Mengingat, Irjen Istiono sudah memasuki masa pensiun. Untuk jabatan, Kapolda Kalteng kedepannya bakal dijabat oleh Irjen Nanang Avianto.

Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Mulyatno jadi Kapolda Sulut, menggantikan Irjen Nana Sudjana.

Kapolda Babel Irjen Anang Syarif Hidayat jadi Sahlisosbud Kapolri, digantikan oleh Kapolda Sultra Irjen Yan Sultra Indrajaya. Lalu, Pati Baintelkam Polri Irjen Teguh Pristiwanto jadi Kapolda Sultra, menggantikan Irjen Yan Sultra.

“Tentunya kenaikan pangkat dan pergeseran atau mutasi di lingkungan Polri sesuatu yang dinamis dalam organisasi dan akan terus berjalan di Polri,” ucap Rusdi.

Tinggalkan Balasan