Kalahkan Singapura 2-4, Timnas Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020

Liputansatu.com – Laga Semifinal Piala AFF leg Kedua Timnas Indonesia vs Singapura di National Stadium Singapura (25/12/2021).

Sejak awal laga kedua tim saling menekan. Menit ke-12 Ezra Walian berhasil memanfaatkan umpan pendek Witan Sulaiman dan membuat Timnas Unggul 1-0 atas Singapura.

Peluang demi Peluang tercipta hingga akhir Babak Kedua. Sebelum turun minum, Timnas Singapura memanfaatkan rebound tendangan Bebas dan berhasil mencuri gol dan kedudukan berubah 1-1 hingga turun minum.

Pertandingan Penuh Drama

Babak Kedua, Singapura bermain dengan 10 pemain dikarenakan Safuwan Baharuddin mendapat kartu kuning kedua melalui drama sebelum tendangan bebas saat akan turun minum.

Serangan demi serangan digempurkan oleh Timnas Indonesia dengan memanfaatkan celah Timnas Singapura yang bermain dengan 10 pemain.

Gagal mengkonversi peluang menjadi gol tambahan timnas, Shin Taeng Young menarik mundur Ezra Walian dan memasukkan Hanis Saghara Putra sebagai nafas baru timnas di babak kedua.

Menit ke-65 Shin Tae Young memasukkan tiga pemain sekaligus yakni Elkan Bagoot, Egy Maulana Fikri, dan Irfan Jaya menggantikan tiga pemain yang bermain sekaligus. Tak berselang lama, Irfan Fandi dari Timnas Singapura dihadiahi kartu merah oleh wasit lantas melakukan pelanggaran keras di area pertahanannya sendiri dan kini Singapura bermain dengan sembilan pemain.

Timnas Singapura kembali berhasil mencuri gol melalui tentangan bebas Shahdan yang melesat mulus masuk ke gawang Nadeo Argawinata. Skor kini 1-2 untuk Singapura.

Menit ke 87, Timnas melancarkan serangan dengan tenang dan berhasil menembus pertahanan pemain Singapura hingga membuahkan gol yang di cetak oleh Arhan Pratama. Skor menjadi 2-2 untuk kedua tim.

Selang semenit, Wasit menunjuk titik putih dan menghadiahi Singapura tentangan penelti. Dieksekusi oleh Farris namun di tahan oleh Penjaga Gawang asal Bali United tersebut.

Peluang kembali tercipta di akhir babak kedua oleh Timnas Indonesia melalui serangan balik, namun kembali gagal.

Pepatah “Bola Masih Bundar” seakan terbukti dalam laga ini. Timnas Indonesia meski secara statistik jumlah Pemain Unggul, namun dapat kebobolan juga. Sebaliknya, meskipun Singapura sempat berada di atas awan dan mengungguli Indonesia, namun Pluit panjanglah penentu hasil pertandingan.

Kartu Merah Ketiga Untuk Singapura

Pertandingan dilanjutkan ke extra time. Diawal Extra time, pemain Singapura Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri sehingga hal ini menguntungkan Timnas Indonesia dan unggul menjadi 3-2. Gol kembali tercipta pada menit ke-106 di akhir babak perpanjangan waktu pertama melalui tendangan pojok yang berhasil di konversi gol oleh Egy Maulana Fikri, skor menjadi 4-2 untuk Indonesia.

Kenyataan pahit harus kembali diterima oleh Timnas Singapura setelah Kiper Hassan Sunny di ganjar kartu merah oleh wasit karena melakukan pelanggaran terlarang saat timnas Indonesia melakukan penyerangan dan kini Singapura bermain dengan Delapan orang pemain.

Skor 4-2 bertahan hingga wasit meniup pluit panjang tanda pertandingan berakhir dan Timnas Indonesia berhak melaju ke babak Final Piala AFF 2020.

 

 

Tinggalkan Balasan