Jelang Mubes IKA Unhas, Muncul wacana Jangan Ada Aklamasi Diantara Kita

oleh -2 views

Liputansatu.com – MAKASSAR : Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unhas 2022 menyisakan dua hari. Sebelum memilih pengganti HM Jusuf Kalla sebagai Ketua PP IKA Unhas, sejumlah agenda akan berlangsung seperti Simposium Nasional tentang Indonesia Timur, pameran UMKM serta pembahasan AD/AR dan penjaringan bakal calon ketua IKA Unhas 2022-2027.

Sebulan terakhir sejumlah alumni Unhas bermunculan sebagai calon ketua IKA Unhas 2022. Baik yang diusulkan oleh jurusan, sahabat, maupun menyatakan sendiri untuk maju. Seperti Syahrul Yasin Limpo, Andi Amran Sulaiman, Haedar A Karim, Idrus Paturusi, Muhammad Suaib Mappasila, Suhardi Duka, Andi Ina Kartika dan Hady Effendy. Dari sekian alumni tersebut, sejumlah IKA Fakultas telah menyerahkan dukungan kepada Andi Amran Sulaiman, mantan Menteri Pertanian.

Menyikapi hal tersebut Poros 90 an Unhas yang menggelar diskusi di Carita Cafe Hotel Claro, Rabu (2/3/2022) berharap agar IKA Fakultas, IKA Jurusan, IKA Wilayah/Daerah memanpaatkan momentum Mubes IKA Unhas untuk memunculkan tokoh alumni Unhas lainnya.

“Dalam Tatib penjaringan Calon Ketua IKA itu kan, IKA Fakultas dapat mengajukan tiga nama ke SC dan OC”. Ujar Arqam Azikin, alumni jurusan Komunikasi Unhas. Maka dari itu lah lanjut Arqam, syarat ini sebaiknya dimanpaatkan oleh para pengurus IKA Fakultas dan jurusan memunculkan sejumlah figur dari jurusan atau fakultasnya.

Memang pasal 52 TATA CARA PEMILIHAN KETUA UMUM PP IKA UNHAS, ayat satu menyatakan Setiap IKA Fakultas berhak mengajukan nama-nama calon Ketua Umum IKA UNHAS di MUBES IKA UNHAS sebanyak-banyaknya 3 (tiga) nama calon Ketua Umum PP IKA UNHAS, 3 (tiga) nama calon Ketua Dewan Kehormatan IKA Unhas dan 3 (tiga) nama calon Ketua Dewan Penasehat IKA Unhas. Kemudian ayat dua, calon-calon ketua tersebut terlebih dahulu dipilih dalam Rapat Anggota IKA Fakultas yang diadakan khusus untuk itu oleh IKA Fakultas, kemudian IKA Fakultas mengajukan nama-nama calon ketua terpilih tersebut dengan dilengkapi surat mandat dari Rapat Anggota IKA Fakultas untuk didaftar dan diikutsertakan dalam pemilihan pada MUBES IKA UNHAS.

Syarat ini tambah Arqam sebaiknya dimanpatkan oleh IKA Fakultas menyodorkan tiga alumninya ke arena Mubes.

Dapat dibayangkan, akan muncul puluhan nama alumni Unhas yang selama ini sukses dan beredar di tanah air.

Jika menghitung sejumlah IKA Fakultas maka setidaknya akan muncul 45 figur alumni Unhas yang layak mentas di arena Mubes IKA Unhas belum termasuk figur yang akan diusulkan oleh IKA jurusan, IKA Wilayah dan Daerah. “Agar figur figur alumni Unhas itu diteropong oleh publik baik lokal maupun nasional” tandasnya. Diskusi ini juga meminta agar Mubes IKA Unhas tidak memilih ketua secara aklamasi. “Intinya jangan ada aklamasi” teriak para alumni angkatan 90 an ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *