Jelang MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan 278 Angkutan Umum

Liputansatu.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat terus mendorong sejumlah persiapan bersama Lembaga dan Kementerian untuk mensukseskan ajang Moto GP yang akan digelar pada bulan Maret 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan Pihanya telah melakukan Optimalisasi penggunaan moda angkutan umum  dan telah menyiapkan 278 angkutan menuju Kawasan Mandalika dari simpul-simpul moda teansportasi.

“Kami (Kemenhub) menyiapkan yang pertama adalah penggunaan angkutan umum yang untuk angkut Yang pertama adalah sekitar 278 unit plus bantuan Kementerian Perhubungan dan ini adalah untuk angkutan antar modanya,” kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi dalam diskusi Road to MotoGP 2022, selasa (3/2/2022).

Budi Setiyadi mengatakan sejumlah dalam mendukung  MotoGP Kita juga melakukan beberapa langkah. Bagaimana respon dan  masukan yang diberikan oleh pemerintah daerah, kementerian pariwisata dan juga kemenko marves dalam manajemen dan rekayasa lalu lintas yang nanti akan menjadi lebih baik di sekitar kawasan dan juga termasuk koridor di sekitar kota Mataram.

“Ini untuk mengangkut beberapa penonton mulai dari pelabuhan Gilimas, Lembar, Bangsal, Pel. Kayangan, Pusat Kota Mataram Ex Bandara Selaparang), dan dari 278 unit bus Bantuan Kemenhub  mencakup 27 unit bus besar, 70 unit bus sedang, 181 unit bus kecil), mengoptimalkan ASK dan Angkutan umum yang ada di Lombok,” urainya.

Tak hanya itu, kemenhub telah Menyediakan bus shuttle yang melayani 7 rute di dalam Kawasan Mandalika dari Parkir Barat dan Parkir Timur menuju Gate 1, Gate 2 dan Gate 3 Sirkuit Mandalika  dan telah disediakan 184 unit bus sedang (85 Unit Bantuan Kemenhub).

“Yang berikutnya masalah kendaraan pribadi nanti akan dilakukan pembatasan kendaraan pribadi dan sepeda motor menuju kawasan Mandalika nanti akan diharmonisasi sehingga kami akan menyediakan lahan parkir di luar Kawasan Mandalika, pembatasan sepeda motor menuju kawasan MotoGP,” tandasnya.

Sementara itu, Kemenhub terus mengadakan pengadaan dan pemasangan perlengkapan jalan di sekitar kawasan Mandalika dan telah menggelontorkan dana sebesar Rp21,2 miliar  sebagai dukungan ajang Moto GP di Mandalika.

Tinggalkan Balasan