Jamaah Umrah Indonesia Sudah Tiba di Arab Saudi, Wamenag: Semua Negatif Covid-19

oleh -3 views

Liputansatu.com – Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid melaporkan sampai dengan hari Selasa, 11 Januari 2022 sebanyak 1.023 jemaah umrah asal Indonesia yang telah tiba di Arab Saudi dinyatakan negatif Covid-19.

“Informasi dan laporan dari ppiu bahwa hasil PCR pertama saat karantina kedatangan jemaah umroh di Arab Saudi seluruhnya negatif covid 19,”ucap Zainut dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI yang disiarkan secara daring, Kamis, (13/1/2022).

Zainut mengatakan dari 1.023 jemaah umrah, 870 jemaah diantaranya telah melakukan skrining kesehatan di asrama haji Jakarta. Dirinya pun memastikan seluruh jemaah yang telah tiba di Arab Saudi menjalani karantina institusional selama 5 hari mulai dari saat kedatangan di tanah suci.

“Sebelum keberangkatan jemaah umrah dari asrama haji, Kemenag selalu memberikan edukasi agar jemaah senantiasa menaati seluruh protokol kesehatan yang diberlakukan oleh kedua negara menjaga ketertiban, kesehatan dan keamanan,”ucap dia.

Lalu untuk jemaah yang berangkat dari asrama haji Jakarta, lanjut Zainut menggunakan dua maskapai penerbangan yaitu Lion Air dan Saudi Arabia Airlines). Kedua pesawat tersebut melayani perjalanan secara langsung ke Arab Saudi.

Selain itu, Jemaah juga menggunakan satu maskapai penerbangan transit (Emirates Airlines) di negara ke-3 dan sebagian besar merupakan jemaah yang tertunda keberangkatannya akibat pandemi covid-19.

Adapun satu penerbangan yang jemaahnya dilakukan skrining kesehatan di luar asrama haji Jakarta menggunakan satu maskapai penerbangan transit (Qatar Airlines).

Kemudian, dalam rangka mengantisipasi kepulangan jemaah umrah, Kemenag telah mengirimkan surat kepada Kepala BNPB (Satgas penanganan covid-19) agar asrama haji, Jakarta dapat digunakan sebagai alternatif lokasi karantina pelaku perjalanan luar negeri khusus bagi jemaah umrah.

Pasalnya, jemaah umrah yang diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 8 Januari 2022 lalu, akan kembali ke tanah air pada 17 Januari 2022 mendatang.

“Kami berharap BNPB telah menyetujui penggunaan asrama haji Jakarta sebagai lokasi karantina kepulangan jemaah umroh sebelum tanggal 17 Januari 2022,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *