Indonesia Berada di Masa Transisi Pandemi Covid-19 Ke Era Endemi

Liputansatu.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) optimis Indonesia segera beralih status dari pandemi covid-19 menjadi endemi. Indikatornya yakni terlihat dari tren kasus menunjukkan penurunan hingga capaian vaksinasi dosis 2 melampaui target nasional.

Pada saat yang sama, jumlah pasien rumah sakit secara nasional juga turun dari level 32 persen pada 3 Maret 2022 menjadi 31 persen pada 4 Maret 2022. Sebagai salah satu strategi kunci menekan Covid-19 di Indonesia, percepatan dan perluasan cakupan vaksinasi nasional terus dilakukan.

“Capaian vaksinasi dosis 2 menjadi penting dalam usaha penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19 di Indonesia. Tapi, perjalanan kita belum selesai sampai di sini,” ungkap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid., dalam laman resmi Kemenkes, dikutip Minggu (6/3/2022).

Kemudian, terdapat 15 provinsi yang mengalami penurunan kasus harian dan 8 provinsi yang mengalami pelandaian. Salah satu provinsi, Sulawesi Selatan menjadi provinsi terbaru yang mencatat konsistensi penurunan kasus pada Rabu (2/3), ditambah 14 provinsi lainnya. AMaluku Utara menjadi provinsi terbaru yang masuk daftar pelandaian kasus bersama dengan 7 provinsi yang masuk fase tersebut beberapa waktu lalu.

Dengan kondisi demikian, apakah Indonesia sudah siap ke status endemi?

Sehubungan dengan peralihan ke status endemi, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes merasa optimistis. Dengan menegaskan, ada tahapan yang perlu dilewati, sebelum memasuki era endemi yaitu pandemi terkendali, masuk ke praendemi dan baru ke status endemi.

“Kalau siap memasuki endemi tentu kita optimistis untuk masuk ke endemi tetap ada tahapannya sebelum masuk ke endemi, pandemi terkendali, praendemi baru endemi,” kata dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid kepada MNC Portal, Sabtu (5/3/2022)

Dokter Nadia juga menjelaskan atas capaian vaksinasi dosis 2 telah berada di level 70,38 persen atau 146.577.204 dosis, ialah dari target sasaran 208.265.720 penduduk. Sehingga itu bukan dari dari 70 persen yang ditargetkan pemerintah.

“Ini dari target 208 juta ya. Kalau 70 persen dari total sasaran vaksinasi kita masih 63 persen,” jelasnya

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah akan menyusun strategi mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi. Dia diminta untuk menyiapkan secara matang dengan memperhatikan pendekatan baik dari sisi sains, kesehatan, sosial, budaya, dan ekonomi.

“Kami mendapatkan arahan dari Bapak Presiden tadi atas masukan Bapak Menko mengenai strategi dari pandemi menjadi endemi, kami sudah siapkan protokolnya,” kata Menkes Budi saat live Keterangan Pers Menteri terkait Hasil Ratas PPKM pada 27 Februari 2022.

Tinggalkan Balasan