Husain Abdullah Ikuti Sidang Promosi Doktor, Pertahankan Disertasi di hadapan Penguji

Sidang Promosi Husain Abdullah

Liputansatu.com – Bandung – Juru Bicara Wapres Jusuf Kalla 2015-2019, Husain Abdullah akan mempertahankan disertasinya melalui Sidang Promosi Doktor yang akan berlangsung di kampus Pascasarjana FISIP Universitas Padjajaran kamis (31/3/2022). Sidang promosi tersebut juga dapat diikuti melalui zoom pada pukul 10.00 WIB dengan meeting id 941 2606 9040, Passcode 1587272. Uceng panggilan akrab Husain Abdullah akan mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji dengan judul disertasi “Resolusi konflik berbasis faktor Idiosinkratik. Peran kepemimpinan M.Jusuf Kalla dalam proses perdamaian Aceh”.

Husain Abdullah merupakan alumnus S1 Universitas Hasanuddin pada Jurusan Hubungan Internasional (HI). Di kampus itu pula Uceng menyelasaikan S2 nya dan tercatat sebagai dosen Hubungan Internasional. Meskipun aktif sebagai wartawan RCTI sejak tahun 1992 namun Uceng tetap melaksanakan tugasnya mengajar mahasiswa di universitas terbesar Indonesia Timur itu. Uceng juga dikenal akrab dan dekat dengan aktivis mahasiswa di Makassar termasuk aktivitas dan pengurus senat Mahasiswa Unhas pada era tahun 90 an hingga pasca reformasi.

Ketika menjadi wartawan RCTI, Husain banyak meliput dan melaporkan kerusuhan Poso dan Kerusuhan Ambon serta konflik konflik kecil yang terjadi di Indonesia Timur. Termasuk liputan konflik di Papua dan penyerangan petugas UNHCR di Atambua tahun 1999 lalu. Seperti yang dikutip melalui Wikipedia.com, saat Husain berkunjung ke lokasi konflik ia sering pula melaporkan kondisi dan situasi daerah tersebut kepada Jusuf Kalla. “Husain Abdullah itu jika meliput konflik lebih mengedepankan peace juornalism” ungkap Haris Jauhari, rekan uceng di RCTI dan sama sama membesarkan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) pada awal pendirian organisasi profesi televisi tersebut. Senada dengan Haris Jauhari, Ano Suparno yang ketika di Trans TV mengatakan bahwa dirinya kerapkali ke lokasi kerusuhan bersama Husain Abdullah, termasuk di Ambon, Atambuat serta rentetan konflik di Indonesia Timur. “Di Ambon kami nyaris terkena peluru sniper, lalu di Atambua dikejar bensin oleh pengungsi. Nyaris dibakar” ungkap Ano. Padahal saat itu tambah Ano, pihaknya mengedepankan unsur perdamaian.

Kedekatan Uceng dengan JK bukan hanya ketika Jusuf Kalla menjabat sebagai Wapres 2004-2009 dan 2014-2019, namun sejak Jusuf Kalla di Makassar, Uceng telah akrab dan sering ikut bersama Jusuf Kalla. Termasuk proses perdamain konflik Aceh di mana Husain Abdullah juga telah ikut berperan. Attock Suharto, seorang mahasiswa pascasarjana Makassar yang sedang meneliti peran komunikasi JK saat menangani kerusuhan di Poso mengatakan, saat dirinya melakukan wawancara dengan Jusuf Kalla ia mendapatkan informasi bahwa Husain Abdullah merupakan orang yang pertamakali ditunjuk ke lokasi kerusuhan oleh JK untuk menggali informasi. Berdasarkan observasi lapangan dari Uceng itulah, JK memulai konsep proses perdamaian di lokasi yang akan ia damaikan. Hari ini, Kamis 31/3/2022, jika tak ada aral melintas maka Husain Abdullah akan bergelar doktor.

Tinggalkan Balasan