5 Fakta Soal Ghozali Everyday, Benarkah Untungnya Hingga Belasan Miliar? Ini Faktanya

Liputansatu.com – Foto iseng yang dibuat oleh Ghozali Everyday, warga Semarang< Jawa Tengah, ini justru membuatnya jadi kaya raya. Bagaimana tidak, dia berhasil menjual foto selfie bergambar dirinya sendiri hingga meraup miliaran rupiah.

Foto-foto selfie pria asal Semarang ini terjual laris dalam bentuk Non Fungible Token (NFT) di e-commerce OpenSea. Tak disangka, ternyata foto selfie tersebut mendapat banyak peminat hingga laku terjual.

Pastinya, banyak yang penasaran seperti apa sosok Ghozali Everyday sehingga berhasil mendapatkan uang miliaran dari hasil menjual foto. Dirangkum MNC Portal pada Kamis (13/1/2022), berikut adalah lima fakta soal Ghozali Everyday.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir kalau Ghozali menjual foto-fotonya dengan background pemandangan yang indah. Padahal, sama sekali tidak! Ghozali justru menjual foto-foto selfienya saat berada di dalam ruangan dalam ukuran close up.

1. Foto diambil saat dirinya berusia 18-22 tahun

Koleksi foto selfie-nya itu ia ambil sejak dirinya berusia 18 hingga 22 tahun atau dalam rentang waktu 2017 sampai dengan 2021. Dari sana, Ghozali Everyday meraup untung hingga lebih dari Rp13 miliar hanya dengan menjual foto-foto selfie-nya.

2. Dibeli Chef Arnold

Produk NFT Ghozali ini ternyata menarik perhatian juri MasterChef Indonesia Arnold Poernomo. Ia pun sangat bersemangat membelinya dan menjadikannya koleksi. Chef Arnold bahkan menggunakan salah satu selfie tersebut sebagai foto profil Twitter-nya.

Chef Arnold mengungkapkan bahwa ia mengetahui NFT Ghozali setelah diberi tahu rekannya @Jejouw. Kemudian dia masuk bersama figur publik lainnya. Mereka ingin membantu Ghozali mendapatkan penghasilan tambahan.

“Kami telah mendedikasikan sebuah server discord untuk Ghozali dan para pendatang baru atau siapa pun yang terjun ke dunia NFT. Discord ini akan kami dedikasikan untuk membantu dan mengarahkan orang-orang yang mau belajar tentang NFT serta seluk beluknya,” ungkap Chef Arnold, seperti dikutip dari NFT Evening, Kamis (13/1/2022).

3. Dijual dengan harga Rp46 ribu

Pada awalnya, Ghozali hanya mematok harga fotonya senilai Rp46 ribu rupiah. Tapi, siapa sangka jika Ghozali bisa mendapatkan miliaran rupiah seperti saat ini.

4. Kini, rata-rata penjualan capai Rp7,9 juta

Namun kini, rata-rata penjualannya berada di kisaran Rp7,9 juta rupiah per foto. Beberapa sumber menyebut, larisnya foto Ghozali karena wajahnya termasuk unik dan tak bisa ditukar sama sesuatu yang lain, karena punya karakteristiknya sendiri.

5. Pendapatan Bukan Belasan Miliar, Kena Potongan Royalty Opensea

Dilansir dari NFT Ghozali Everyday yang sudah memperoleh 310 Etherium atau jika dirupiahkan sebesar Rp.14 Miliar. Hal tersebut belum menjadi pendapatan bersih dari NFT Ghozali.

Chef Arnold menjadi salah satu orang yang membeli beberapa NFT Ghozali. Juri MasterChef Indonesia tersebut bahkan membuat meme dari NFT tersebut.

Selain meme, Chef Arnold juga meluruskan kabar yang menyebut Ghozali mendapatkan belasan miliar dari NFT. Ia mengatakan, jumlah uang yang dikantongi, berbeda dengan total penjualan.

“Artist atau siapa yang listing NFT cuma dapat harga jual awal persen royalti di setiap transaksi,” kata Chef Arnold di Instagram, Kamis (13/1/2022).

Ia menambahkan, “Jadi punten, Gozali nggak bikin 13-14 m (miliar).”

Di sela penjelasan itu, salah satu warganet bertanya mengenai berapa uang yang sebenarnya diterima Ghozali. Sehingga kedepannya tidak timbul berita simpang siur.

“Jadi total kisaran perolehan Ghozali berapa Chef?” tanya si warganet.

Chef Arnold memperkirakan, Ghozali mungkin hanya mendapat sekitar Rp 1 miliar dari NFT yang dijualnya.

Kendati begitu, angka ini cukup fantastis bukan melihat penjualan NFT bermodalkan foto selfie.

 

Tinggalkan Balasan