Fakta Minum Air Dingin Membakar Lebih Banyak Kalori

oleh -1 views

Liputansatu.com – Kesehatan Tak hanya menyegarkan, minum air dingin juga katanya dapat membantu penurunan berat badan, lho. Ini karena minum air dingin dipercaya dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori.

Pada dasarnya, minum banyak air putih memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan minum air putih, terutama sebelum makan, bisa membantumu untuk menurunkan nafsu makan dan membuatmu lebih cepat kenyang.

Fakta Minum Air Dingin Membakar Lebih Banyak Kalori

Anggapan bahwa minum air dingin dapat membakar lebih banyak kalori nyatanya tidak sepenuhnya salah, lho. Sebuah studi menyebutkan, minum segelas air dingin bisa membakar sekitar 8 kalori lebih banyak dibandingkan dengan minum air bersuhu ruangan.

Hal tersebut bisa terjadi karena saat minum air dingin, tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyesuaikan suhu air yang dikonsumsi dengan suhu tubuh. Selain itu, saat mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, metabolisme di dalam tubuh juga meningkat akibat terjadinya proses thermogenesis.

Kendati demikian, perbedaan jumlah kalori yang dibakar setelah minum air dingin sebenarnya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan minum air hangat atau air bersuhu ruangan.

Jika pola dan jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak disesuaikan dan hanya mengandalkan konsumsi air dingin saja, maka target penurunan berat badan pun akan sulit tercapai.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk menurunkan berat badan secara efektif tidak cukup hanya dengan mengandalkan minum air dingin saja. Selain itu, salah satu hal yang perlu dicermati adalah jangan sampai kesehatan terabaikan hanya karena fokus mengejar penurunan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *