Dolanan game Diduga Plagiat Squid Game, Mendapat Berbagai Macam Respon Dari Warganet Termasuk Netflix Dan Ernest Prakasa

oleh -7 views

Liputansatu.com – Kepopuleran serial Netflix asal Korea Selatan, Squid Game memang masih menjadi fenomena tersendiri di dunia. Namun netizen Indonesia beberapa hari lalu dihebohkan dengan munculnya adegan Dolanan Game dalam sinetron Dari Jendela SMP yang ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi, yang diduga mirip dengan serial Netflix Korea, Squid Game.

Sebagai informasi, dolanan berasal dari bahasa Jawa, artinya bermain-main

Namun, banyak warganet Indonesia yang mengecam bahwa sinetron yang menampilkan Dolanan Game tersebut sudah melakukan plagiarisme.

Hal ini terlihat dari tangkapan layar yang dibagikan akun Twitter @tubirfess. Akun ini membagikan tangkapan layar dari cuplikan scene sinetron Dari Jendela SMP yang bertajuk “Dolanan Game”.

Tangkapan layar ini menunjukkan visual yang begitu mirip dengan serial Squid Game. Salah satu gambar juga memperlihatkan saat pesertanya tereliminasi.

Selain itu, konsep permainan juga begitu mirip dengan serial terlaris di Netlfix tersebut. Mulai dari pakaian yang digunakan peserta sampai kode nomor urut di setiap jaket.

Tak sampai di situ, pemain yang bertugas sebagai penjaga permainan pun mengenakan topeng. Hal ini tentu saja mengingatkan penonton kepada Squid Game yang identik dengan topeng segitiga, lingkaran dan kotak.

Hingga berita ini dipublikasikan, cuitan ini sedikitnya telah di-retweet 9.000 kali dan mendapatkan 24 ribu tanda suka.

Kesamaan tersebut membuat sinetron itu banjir kritikan dari warganet. Mereka menuliskan beragam protes sampai teguran mengenai sinetron yang dinilai melanggar hak cipta tersebut.

Bahkan, tidak sedikit warganet yang memberikan sindiran menohok atas munculnya episode “Dolanan Game” itu.

Gue tuh gak mau ya ngejelek-jelekin karya anak bangsa mulu, tapi kalau bentukannya begini gimana gue gak mau ngejelekin coba,” sindir warganet.

Waktu itu Twilight series sekarang Squid game, emang ini channel sangat amat berbakat di bidang percontekan konsep film atau series yang sedang viral. Bangga kali aku,” komen warganet.

Para artisnya malu gak ya meranin ini? Kek cringe gitu keliatannya,” celutuk warganet.

Lantas, bagaimana tanggapan Netflix Indonesia mengenai kemiripan Dolanan Game dengan Squid Game?

Melalui akun Twitter @NetflixID membalas twit dari akun berbagi informasi tontonan visual @moviemenfes, Jumat.

“Squid game (2021) dengan kearifan lokal mvs,” tulis @moviemenfes.

Netflix Indonesia membalas twit tersebur dengan gif yang memperlihatkan wajah pemeran Squid Game, Lee Jung Jae, tengah tertawa dalam balutan kostum hijau.

Viralnya sinetron ini pun tidak luput dari tanggapan salah satu pentolan standup comedy Ernest Prakasa, ia memberikan sentilan pedas kepada acara ini. Pemicunya, karena sinetron Jendela SMP yang tayang di stasiun televisi tersebut diduga melakukan plagiat terhadap serial Squid Game di Netflix.

Ernest Prakasa mengunggah ulang postingan dari akun @cenayangfilm. Memperlihatkan cuplikan scene dari sinetron Dari Jendela SMP bertajuk ‘Dolanan Game’.

Sutradara film Cek Toko Sebelah ini lantas bertanya kepada stasiun tv tersebut sambil menyisipkan emoji wajah muntah.

Serius SCTV?” kicau Ernest Prakasa dikutip dari Twitter, Sabtu (23/10/2021).

Tak hanya di Twitter, Ernest Prakasa juga menyentil SCTV melalui postingan di Instagram. Ia bertanya, adakah malu yang dirasakan usai menayangkan sinetron serupa Squid Game tersebut.

Halo SCTV, numpang tanya nih. Emang nggak ada malu-malunya gitu? Dikiiiit aja,” kata Ernest Prakasa di Instagram, Sabtu (23/10/2021).

Sumber : Suara.com dan Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *