5 Manfaat Push up Jika Dilakukan Secara Teratur

oleh -2 views

Liputansatu.com – Push up merupakan salah satu gerakan sederhana dalam berolahraga karena tidak perlu ruang yang luas, dan dapat dilakukan dalam waktu sebentar, yaitu kurang lebih lima menit. Push up termasuk olahraga ketahanan isometrik, yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak guna memicu kontraksi otot tubuh. Gerakan ini dapat melatih kekuatan otot dan ketahanan tubuh.

 

 

 

Ada beragam manfaat push up yang dapat diperoleh jika dilakukan secara teratur, antara lain:

1. Menguatkan otot bahu

Push up sangat efektif untuk memperkuat otot-otot disekitar sendi bahu. Umumnya orang yang sering push up memiliki bahu yang bidang. Tidak hanya itu, push up juga berpengaruh terhadap setiap otot pada tubuh Anda. Gerakan yang dilakukan dalam push up memang melibatkan banyak otot secara bersamaan. Hal ini menjadi penting, karena menguatkan seluruh otot pada tubuh bisa memberikan manfaat seperti menjaga berat badan ideal yang wajar, menguatkan tulang, meringankan gerakan tubuh sehari-hari dan menjaga tekanan dan gula darah.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat push up selanjutnya adalah bisa meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi mengungkapkan bahwa pria yang bisa melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut dapat terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96% dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan push up sebanyak 10 kali. Hasil dari studi ini membuktikan, bahwa pembentukan serta penguatan otot mampu menyehatkan jantung.

3. Meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia

Saat Anda beranjak tua, produksi hormon pertumbuhan manusia akan semakin menurun. Padahal, hormon ini berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh serta perbaikan sel dalam tubuh Anda.

Selain itu, hormon pertumbuhan manusia juga memiliki peran penting dalam pembesaran otot. Jika tidak ada hormon ini, Anda akan kesulitan meningkatkan massa otot.

4. Meningkatkan kekuatan dan massa otot

Ada banyak variasi push up yang bisa Anda coba dan setiap variasinya memiliki manfaatnya tersendiri. Seperti, push up sempit akan memberikan otot tricep dan pectoralis. Sedangkan forward dan backward push up akan memberikan otot perut untuk membentuk manfaat perut sixpack serta otot punggung.

5. Memperbanyak testosteron dalam tubuh

Testosteron merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh yaitu untuk meningkatkan performa fisik, massa otot, produksi hormon lainnya, pertumbuhan rambut, dan dorongan seks dengan melakukan push up diyakini mampu meningkatkan jumlah produksi testosteron dalam tubuh Anda.

Setelah Anda mengetahui manfaat yang akan di dapat dari melakukan push up ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Anda perlu melakukan gerakan push-up yang tepat. Jangan sampai melakukan kesalahan mengangkat bagian atas tubuh dengan menggunakan otot perut, bokong, atau bagian bawah tubuh sebagai pendorong utama. Gerakan yang tepat adalah dengan mengaktifkan otot lengan dan dada.

Pada posisi turun, jangan sampai dada Anda menyentuh lantai. Tahan setidaknya pada jarak 5 cm dari lantai. Dan selama melakukan gerakan push-up, jaga agar tubuh tetap berada dalam satu garis lurus, mulai dari kepala, punggung, bokong, hingga kaki.
Selain rutin berolahraga, tentunya Anda juga harus selalu rutin mengkonsumsi air mineral . Karena ketika berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan lewat keringat, agar tidak mengalami dehidrasi wajib untuk mengonsumsi air mineral sesudah dan sebelum berolahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *